Monday, June 13, 2011

Curhat Orang Stres di Bawah Tiang Pancungan

Well, udah lama ngga ada kabar dari si blackbird yang lagi berkelana entah ke mana. Akhirnya, kemaren saya ketemu juga sama si blackbird. Dia makin item aja, gosong kebakar matahari dan makin banyak bulu putih yang tiba-tiba muncul kayak highlight di kepalanya. Tampaknya makin stres makhluk satu ini karena saya ketemu dengannya di sarangnya seperti biasa, hanya saja, yang tidak biasa, dia lagi siap-siap gantung diri. Ngeliat saya di pintu, dia ngga jadi gelantungan. Akhirnya dia cerita.

--------
(Di sini saya oake pengandaian biar ngga digugat pihak yang berwajib)
Di negara N, ada tempat T di mana tinggal makhluk-makhluk yang membuat stres siapapun yang lewat deket situ. Termasuk si blackbird yang secara konyol sengaja masuk ke sana dan ngga bisa keluar untuk beberapa lama."Itulah akibatnya kalo ngga nurut sama orang tua," kata emaknya si blackbird. Dia makin nyesel udah masuk ke tempat T itu. Satu pelajaran, penyesalan selalu datang belakangan. Sekarang, biarpun udah ngga betah lagi tinggal di T, blackbird masih tetep maksain biar ngga disembelih emaknya. Berikut ini adalah makhluk-makhluk yang menjengkelkan itu (nama dan alamat lengkap ada pada redaksi):
Mrs. A: awalnya sih baik, tapi lama-lama menjerumuskan
Mrs. B: senyum semanis madu, kata-kata setajam gergaji, rasanya pengen ditendang masuk palung mariana
Mr. C: penguasa yang tampak lebih seperti beruang grizzly kebanyakan hibernasi
Mrs. D: rada linglung, bikin stres kalo ada ulangan karena pas ngajar plus minus pun kebalik
Mrs. E: bawa karep sendiri, ngga mau dengerin orang lain, pemalesan mentangimentang udah lansia
Mr. F: punya rasa kebangsaan yang berlebihan, merasa paling bisa, merasa penting padahal ngga
Ms. G: hobinya teriakiteriak, bikin sakit kuping
Ms. H: ngga mau kalah, ngotot, cengeng, nyusahin
Yah, itu segelintir orang-orang yang bikin frustasi. Selebihnya, mungkin bisa dikira-kira dehan ngga jauh dari situ sikapnya. Tapi, yang bikin si blackbird kecewa, dia udah belajar sampa njungkir ngga balik lagi, sampe ngga tiduran pokoknya beneran belajar buat ujian akhir ini. Eh, yang ada malah diremed semua, terutama eksaknya. Yah udah, mau gimana lagi. Mending nurut aja daripada ngga naik kelas. Kalaupun mau debat sama para pengajar, percuma karena ngga akan dianggep. Dunia ngga adil, memang. Si blackbird yang sekilas keliatan bloon pun ternyata bisa ngambek juga ternyata. Menurut cerita dia, sekarang dia marah, kesel, sedih, kecewa, dll. Yang paling bikin dia kesel, usaha dia selama ini terbukti ngga guna sama sekali. Masih tetep aja sama kayak dulu, isi otak ngga nambah segram pun. Yah, mungkin nambah, taoi ngga mengubah nilai dia jadi lebih baik. Dia juga bilang kalo dia bener-bener ngerepotin dan bikin kecewa orang tuanya. Ada satu pelajaran yang saya ambil dari cerita si makhluk yang kebelet pengen gantung diri ini. Dunia yang ngga adil dan ngga ada tempat untuk orangiorang naif di dalamnya. Saya jadi berpikir, mungkin mati akan lebih enak. Alasannya? Yah, liat aja, mana ada orang yang udah mati yang balik lagi ke dunia. Mungkin kehidupan setelah mati jauh lebih enak, makanya juga pada ngga balik ke dunia. Yah, bukan maksudnya saya pengen cepet-cepet mati sih. Ini cuma opini orang yang lagi hopeless.

------------

No comments:

Post a Comment