Saturday, May 14, 2011

curhat orang stres lagi makan kertas ujian

*Mata sepet abis ngeliat blog alay*
Huzzah. Ini saatnya curhat soal saya sendiri. Khusus hari ini, ngga ada cerita soal si sableng. Ngga ada cerita soal si blackbird.

>>>>

Akhirnya, setelah beberapa dekade saya absen menggambar (gara-gara demam Den O dan Decade yang berlanjut dengan Ozu), saya bisa juga ngegambar tadi siang!!! *Three cheers for me!!* Hahahaha... Betapa indahnya dunia ini... *lebay*. Tapi, ada satu masalah yang terus keulang dari zaman TK sampe SMA. Padahal, kata orang, keledai aja ngga akan jatuh ke lubang yang sama. Kenapa saya bisa lebih parah dari keledai ya? Jawabannya, karena saya bukan keledai *dibabuk massa*.
Kembali lagi ke masalah saya. Sejak TK, saya udah bener-bener kecantol sama yang namanya dunia komik. Berawal dari komik Sailormoon yang dibeliin babeh waktu sakit bertahun-tahun lalu. Entah komik itu memang punya kekuatan sakti mandraguna atau memang saya sebenernya ngga sakit, saya langsung sembuh hari itu juga. Besoknya, tangan langsung gatel pengen gambar. Saya langsung minta kertas gambar dan pensil. Komik pertama yang saya bikin judulnya Sailormoon Z karena saya tahu ada Sailormoon R. Konyol memang, tapi beberapa tahun kemudian saya sangat mengapresiasi usaha saya yang ngga ada hasilnya itu.
Lanjut ke zaman SD kelas satu. Bosan dengan bulan dan kawan-kawannya, saya beralih ke si bulat biru Doraemon. Lagi-lagi, saya berusaha membuat komik yang temanya mirip dengan si Doraemon itu. Rada cacad sih, tapi ya wajarlah, yang bikinnya juga masih kelas 1 SD, pikir saya. Nah, sejak itulah saya tenggelam dalam kesibukan tak berarti yang bernama komik.
Kata orang-orang yang ngga ngerti betapa mengasyikannya menggambar *gombal*, termasuk ibu saya, saya ini cuma orang aneh yang ngga bisa lepas dari kertas HVS dan pensil dan ngga bisa hidup tanpa dua benda tersebut di atas. Normalnya, orang kayak saya itu dibawa ke psikiater terdekat, kata mereka. Malahan, ibu saya pernah nyuruh saya berhenti ngegambar karena ngga ada gunanya, malah ngeganggu pelajaran sekolah. Langsung saya nangis seharian. Akibatnya, ngga ada lagi yang berani nyuruh saya berhenti nggambar. Tapi, beberapa tahun kemudian saya baru sadar kenapa saya disuruh berhenti nggambar. Setelah diteliti, komik saya ngga pernah ada yang selesai. Mampus dah. Kalo gini caranya sih, mimpi jadi komikus bisa melayang... Bukan cuma ngga selesai. Ada komik saya yang dibuat akhir dan awalnya doang, tengahnya bolong. Ada yang udah sampe tengah, entah karena mood lagi ngga ada atau emang pada dasarnya males, bagian akhirnya ngga ada. Makanya, belum lama ini saya lagi nyoba bikin komik yang dikerjain bareng temen-temen saya yang senasib di sekolah. Ada dua orang yang ikut terlibat juga *kayak crime scene aja nih..*. Lumayan juga, saya jadi bisa melihat setitik cahaya yang dapa mengantarkan saya ke surga.. eh salah... ke jalan menjadi komikus, biar cuma kerjaan sampingan juga...

>>>>

Tambahan cerita, beberapa hari lalu saya melakukan transaksi ilegal (baca: kirim-kirim lagu dan gambar orang ganteng) dengan teman saya. Intinya, transaksi itu berakibat fatal. Saya ketularan demam Korea. Seharian itu saya dan teman saya ngomongin Daesung, personil Bigbang. Gila, suaranya yang paling enak didenger kalo dibandingin sama personil yang lain. Mantap lah pokoknya. Sampe temen saya yang satu lagi jadi pusing dan akhirnya memilih untuk mengerjakan latihan matematika terkutuk. Pokoknya, yang namanya diferenSIAL, Ksp, dan lain-lain yang dibahas di kelas waktu itu ngga ada yang masuk sebiji pun. Rasanya lagu Tonight terngiang-ngiang terus di kuping. Dan, saya mencetak sejarah baru bagi saya sendiri, yaitu kali pertama saya benar-benar senang dengan lagu Korea.   

Satu lagi, saya akhirnya menemukan lagi fungsi sekunder dari sekolah, yaitu tempat menghabiskan waktu luang. Sejak SMA, saya bener-bener bingung fungsi sekolah itu sebenernya apa, kok saya masuk kelas terus tapi otak tetep segitu-segitunya, ngga ada ilmu yang nambah. Rasanya kepala saya kalo dibelek dan diliat otaknya,  bakal ada jamur dan karat tumbuh di otak saking lamanya ngga dipake. Lebay. Udah beberapa hari ini saya ikut bimbel. Dan, hasilnya memuaskan sekaligus mengejutkan. Pelajaran kimia yang tidak pernah saya sentuh saking bencinya, dalam sejam saya langsung ngerti luar dalem tentang bufer dan hidrolisis. Matematika yang langganan remed walaupun udah belaja sampe njungkir ngga balik lagi, dalam sehari langsung ngerti apa fungsi dari diferensial. Dari situ saya ambil kesimpulan, sekolah jaman sekarang ini cuma sebagai formalitas. Biar dapet ijazah doang. Makanya, sekolah harus berterima kasih sama murid-muridnya yang pinter. Karena mereka itulah yang bikin sekolah jadi eksis. Bukannya murid yang terima kasih ke sekolah, karena mereka jadi pinter bukan karena sekolah, tapi karena bimbel dan usaha mereka sendiri. Haah, rasanya saya udah ngga tahan, pengen cepet-cepet lulus dari SMA.

1 comment:

  1. ahaaa... I wonder what'll happen after we graduate from 'sekolah-yang-katanya-terkutuk' itu... mungkin tantangannya bakal beda juga mei *is menyaksikan mahasiswa tingkat akhir stress bikin TA*

    maap komik bareng2nya juga gak jadi2. masih distracted*?* jadi merasa bersalah nih ^^;

    ReplyDelete